Breaking News

Tim Asesor BAN-S/M Adakan Visitasi di SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar


Makassar ― SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar dikunjungi oleh tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN-S/M) yakni Ibu Dr. Salma Samputri, M.Pd. sebagai asesor utama, salah satu dosen tetap Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar dan Dr. Andi Batary Citta, S.E., M.M. dosen tetap Prodi Manajemen STIM Lasharan Jaya Makassar. Berdasarkan surat tugas asesor dari BAN S/M kegiatan ini dijadwalkan Jum'at-Sabtu, 23-24 September 2022 di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar yang berlokasi di Jalan Manggala Raya, Kompleks Bambu-bambu untuk sekolah putra dan di Jl. Antang Raya No. 48, belakang kantor DPP Wahdah Islamiyah untuk sekolah putri.

Pelaksanaan visitasi ini diawali dengan pembukaan yang berlangsung di Aula SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar. Pembukaan dipandu oleh Alif Arraiyank, salah satu pengurus OSIS sebagai protokol dan dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al Qur’an yang dihafalkan dengan suara merdu oleh Nurfalah Haris dan terjemahan oleh Muhammad Nur Qalbi Rahman. Tak lupa pula acara pembukaan ini diiringi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh ustadz Muh. Haerul Ma’arif, S.Pd. yang penuh pesona kemudian dilanjutkan dengan persembahan nasyid yang penuh semangat dari tim nasyid OSIS sehingga mampu mencairkan suasana yang sebelumnya menegangkan.

Ustadz Darmi, S.Ag., M.Pd.I. selaku kepala SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar dalam acara temu awal bersama tim asesor menyampaikan sambutannya tentang sejarah berdirinya sekolah. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan akreditasi terakhir diadakan pada tahun 2016 dan SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar mendapatkan hasil akreditasi A. Tahun 2021 yang harusnya diadakan akreditasi kembali tetapi BAN- S/M Propinsi Sulawesi Selatan hanya memberikan perpanjangan akreditasi selama satu tahun dan akan berakhir bulan Desember 2022. Sebelum kegiatan akreditasi ini dilaksanakan, dari BAN-S/M telah meminta pihak sekolah untuk mengirimkan sejumlah dokumen yang terkait dengan akreditasi sekolah pada laman DIA Sispena. Namun sekolah harus tetap dikunjungi secara langsung untuk melihat kondisi yang sebenarnya.

Dalam sambutannya, Ibu Dr. Salma Samputri, M.Pd. yang akrab disapa Ibu Tri menyampaikan bahwa kunjungan ini diadakan setiap lima tahun sekali untuk melihat sejauh mana perkembangan sekolah selama lima tahun terakhir dan juga sebagai bentuk validasi data. Selama dua hari kegiatan visitasi, tim asesor bekerja dengan sangat profesional dalam memeriksa dokumen-dokumen yang meliputi mutu lulusan, mutu proses pembelajaran, mutu guru, dan mutu manejemen. Di samping itu, tim asesor juga memeriksa dokumen pendukung dari pemenuhan 8 SNP, mulai dari standar isi, proses, kompetensi lulusan, guru dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian.

Pada hari pertama visitasi di kampus putra, tim asesor melakukan sesi wawancara bersama kepala sekolah, perwakilan komite sekolah, dan orang tua siswa kemudian melakukan supervisi proses belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris yang diampu oleh ustadz Mansyur, S.Pd. di kelas XI.IPA 1. Setelah itu, visitasi dilanjutkan di kampus putri dengan agenda supervisi proses belajar mengajar dan mengecek kondisi sekolah. Sebelum mengakhiri kunjungan hari pertama, setelah shalat dan istrahat Ibu Tri dan Ibu Andi Batary menyempatkan bercengkrama bersama dengan beberapa guru putri.

Selanjutnya di hari kedua visitasi, tim asesor Ibu Tri melakukan survei sarana dan prasarana sekolah, menelaah perangkat dan administrasi pembelajaran, melanjutkan sesi wawancara dengan siswa dan guru. Sementara itu, Ibu Andi Batary melanjutkan pemeriksaan dokumen yang sempat tertunda di hari pertama yang didampingi oleh ustadz A. Awaluddin, S.Pd. sebagai ketua tim mutu proses pembelajaran.

Setelah visitasi selama dua hari, kegiatan ini pun ditutup dalam acara temu akhir di Aula SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar. Pada acara penutupan yang dipandu oleh ustadz Muh.Rezky, S.Pd. salah satu guru Bahasa Indonesia yang penuh semangat memberikan kesempatan kepada Ibu Dr. Salma Samputri, M.Pd. menyampaikan pernyataan penutup. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Tri yang didampingi oleh Ibu Andi Batari berterima kasih kepada pihak sekolah karena telah diterima dengan baik selama dua hari dan berharap pertemuan ini bukan yang terakhir tapi bisa senantiasa terjalin. Beliau juga menyampaikan beberapa hal terkait temuan-temuan yang ada, baik yang sudah bagus maupun yang masih kurang untuk segera ditingkatkan dan diperbaiki. Ustadz Darmi, S.Ag., M.Pd.I selaku kepala sekolah juga mengungkapkan harapannya semoga kunjungan visitasi ini mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan yaitu dapat mempertahankan akreditasi A

Kegiatan visitasi oleh tim asesor ditutup dengan sesi foto bersama dewan guru dan berakhir dengan asa dan harapan semoga visitasi ini berdampak positif untuk kemajuan sekolah di masa yang akan datang. Sebagaimana harapan salah satu guru mapel Fisika yang mendapat kesempatan supervisi mengajar di kelas, ustdzah Irmawati, S. Pd., Gr. menyampaikan tanggapan dan perasaannya terhadap visitasi ini, “Alhamdulillah, kita patut bersyukur dengan kunjungan tim asesor. Dengan adanya penilaian terhadap sekolah maka akan berdampak positif terkait standar sekolah dan masukan dari tim asesor menjadi perhatian civitas akademika demi kemajuan sekolah di masa mendatang.


(Reporter: Dzaky Mubarak, S.Pd.I., M.Pd. dan Nur Hajar, S.Pd.)
Belajar Membuat Tabel HTML

Website SMA Wahdah Designed by Templateism.com Copyright © 2021

Diberdayakan oleh Blogger.