Generasi emas adalah
sekelompok manusia yang unggul dalam sisi akhirat dan keduniaan serta menjadi
cahaya penerang umat manusia. Mereka adalah generasi pembangun peradaban umat.
Generasi emas
masa depan disiapkan sejak saat ini, pada diri anak-anak. Mereka harus dibekali
kecakapan hidup untuk menghadapi masa depan.
Tiga kecakapan
utama yang harus dibangun pada anak didik untuk menyiapkannya menjadi generasi
emas masa depan.
Pertama, KARAKTER
Karakter utama
yang harus dibangun pada anak didik yaitu karakter moral dan karakter kinerja.
Karakter moral
seperti sikap religius (beriman dan bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala),
jujur, rendah hati dan akhlak-akhlak mulia lainnya.
Adapun karakter
kinerja berupa sikap kerja keras, ulet, rajin, pantang menyerah dan beragam
sikap lainnya yang dibutuhkan dalam dunia kerja.
Dua karakter
utama tersebut mendorong anak menjadi manusia yang siap bekerja untuk dunia dan
akhiratnya. Selain bertakwa, mereka juga bermanfaat bagi manusia banyak.
Memiliki
karakter moral dan karakter kinerja sejalan dengan perintah Allah dalam ayat
dan hadits berikut.
“Dan carilah pada apa yang
telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah
kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada
orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu
berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang
yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qashash: 77)
“Sebaik-baik manusia adalah
yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad,
ath-Thabrani)
Kedua, KOMPETENSI
Mendidik anak
agar memiliki kompetensi. Diantara kompetensi yang penting mereka punyai, yaitu
kritis, kreatif, komunikatif (kemampuan komunikasi) dan kolaboratif (kemampuan
bekerja sama).
Ketiga, LITERASI
Aktivitas
literasi diantaranya:
1.
Literasi baca tulis: kemampuan
memahami teks, audio, video, dan gambar, juga menuangkan ide dalam tulisan.
2.
Literasi numerasi: kemampuan
menginterpretasikan simbol dan angka serta informasi dalam bentuk grafik, tabel
bagan dan diagram.
3.
Literasi sains: pemahaman
terhadap fenomena alam di sekitas dengan menggunakan metode berpikir inkuiri.
4.
Literasi financial: kemampua
untuk mengelola keuangan.
5.
Literasi digital: kemampuan berkomunikasi
dan menggunakan konten positif melalui dunia digital dengan bijak.
6.
Literasi budaya dan kewargaan:
pemahaman dan sikap terhadap keragaman budaya Indonesi, juga pemahaman dan
penerapan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat.
Menyiapkan generasi emas dilakukan di ruang-ruang keluarga (tanggung
jawab orang tua) dan ruang-ruang kelas (tanggung jawab guru).
Penulis:
Heldiana, S.Pd.
(Referensi: Al-Qur’an, Materi
Paparan Umum Literasi BIMTEK K13-SMA TAHUN 2018, dan ceramah pendidikan Gubernur
DKI Jakarta 2018)