Sejarah SMA IT Wahdah Islamiyah

Alhamdulillah, sejak tahun ajaran 2005/2006 Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) dapat merealisasikan berdirinya SMA Islam Terpadu. Sekolah yang terletak di Jalan Perumnas Antang Blok V Makassar kini membina 37 Siswa Putra dan Putri (angkatan pertama).
SMA Islam terpadu Makassar didirikan atas saran kaum muslimin, khususnya para anggota dan simpatisan Wahdah Islamiyah. Mereka menginginkan agar YPWI menjadi pelopor untuk mendirikan dan mengelola SMA Islam terpadu pertama di kota Anging Mamiri ini.
Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Wahdah Islamiyah adalah lembaga resmi pendidikan Islam di bawah naungan Yayasan Pesantren Wahdah Islamiayah (YPWI) dengan sistem pendidikan yang memadukan kurikulum nasional dengan kurikulum lokal berbasis keislaman.

Alhamdulillah, setelah berhasil memiliki sebuah lahan beberapa hektar di kawasan Perumnas Antang, YPWI sejak tahun 2003 Miladiyah silam mulai melakukan pembangunan kompleks SMA Islam Terpadu Makassar dan tahun 2005 Miladiyah baru dapat dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Kelahiran sekolah ini mendapat sambutan positif dari pemerintah, Kepala Kantor Agama (Kakandepag) Kota Makassar, Drs. H. Nurdin Banturante berkenan melakukan peletakan batu pertama pembangunan sekolah ini.

Fasilitas Gedung milik sendiri 
Tempat belajar terpisah laki-laki dan perempuan Masjid Lapangan olahraga Kegitan ekstra korikuler, Kajian Islam Intensif Staff Pengajar Profesional Para staff pengajar (guru) SMA Islam Terpadu Makassar merupakan tenaga Pendidik professional di bidangnya. Pada umumnya mereka adalah Alumni berbagai perguruan tinggi terkemuka seperti Universitas Negeri Makassar (UNM, dulu IKIP Ujung Pandang), Universitas Hasanuddin (Unhas), serta perguruan tinggi luar negeri seperti Universitas Islam Madinah Al Munawwarah, Saudi Arabia.

Padukan Iptek dan Imtaq
Para Siswa tidak hanya dibekali pengetahuan umum saja akan tetapi yang lebih penting adalah mendapatkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan secara intensif, baik kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler di luar kelas. Bahkan untuk menunjang proses belajar mengajar, para guru SMA Islam Terpadu mengunakan metode Quantum Teaching, termasuk juga menggunakan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi agar para siswa cepat memahami pelajaran yang disampaikan.

Kegiatan Ekstrakurikuler Penunjang Skill Siswa 
SMA Islam Terpadu Makassar juga membekali skill para siswa dengan kegiatan ekstrakurikuler penunjang. Para Siswa dapat mengikuti program ekstra kurikuler Bahasa Arab, yang lebih populer dengan nama AQL (Arabic Qunatum Learning). Peserta AQL Insya Allah dijamin mampu berbahasa arab dalam waktu 3 bulan, sehingga jika mereka mengikuti ekstra kurikuler ini sampai tamat (3 tahun), insya Allah para siswa setelah lulus nanti akan mampu melanjutkan kuliah di timur tengah atau perguruan tinggi lainnya yang menjadikan bahasa arab sebagai bahasa pengantar, seperti LIPIA Jakarta, STIBA Makassar, ISTAC Kuala Lumpur, maupun Islamic Instituc of Tokyo. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler lainnya bahasa inggris, olahraga, jurnalistik, tahfidzul qur’an (menghafal Alqur’an) dan Tarbiyah Islamiyah (Kajian Islam Intensif). Peserta Tarbiyah Islamiyah nantinya diharapkan dapat memahami ajaran Islam secara benar sesuai Al qur’an dan As Sunnah, serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Siswa dengan sendirinya akan terbina menjadi Da’i profesional sehingga dapat membawakan khutbah Jum’at, Khutbah Ied, dan Majelis Taklim meskipun mereka belum tamat sekolah.

Fasilitas Pendukung 
Selain ruang kelas representative, SMA Islam Terpadu juga dilengkapi berbagai sarana penunjang lainnya seperti Masjid yang cukup besar yang digunakan shalat berjama’ah sekaligus Pusat Kegiatan Siswa, Fasilitas MCK yang bersih dan rapi, perpustakaan, asrama, lab komputer, tempat belajar terpisah laki-laki dan perempuan, kegitan ekstra korikuler, kajian Islam intensif. Selain itu, lokasi Sekolah yang di pimpin Oleh Ustadz Askaryaman, S.Pd mudah dijangkau angkutan kota jurusan Perumnas Antang – Makassar Mall. Wallahu ‘alam Sumber dari: https://wahdah.or.id/sma-islam/