SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar : adalah Sekolah Menengah Atas, bernaung di bawah Dinas Pendidikan Nasional yang memadukan sistem kurikulum nasional dan kurikulum lokal berbasis agama Islam berdasarkan Al-Qur'an dan Hadist dengan pemahaman salaf serta memiliki keunggulan dengan memisahkan lokasi belajar untuk putra dan putri. Dengan meraih predikat akreditasi "A" dari Badan Akreditasi Sekolah dan Madrasah pada tahun 2016 akan terus berinovasi dalam membina dan mendidik siswa-siswi agar menjadi generasi muda yang berahklak mulia dan berprestasi

Sekolah Putra : Jl. Manggala Raya, kompleks Bambu-bambu, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234
Sekolah Putri : Jl. Antang Raya No.48, Antang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234
PENGUMUMAN KELULUSAN 2019 SMAIT WAHDAH ISLAMIYAH

07 Mei 2018

Membangun Generasi Emas Indonesia


Generasi emas adalah sekelompok manusia yang unggul dalam sisi akhirat dan keduniaan serta menjadi cahaya penerang umat manusia. Mereka adalah generasi pembangun peradaban umat.
Generasi emas masa depan disiapkan sejak saat ini, pada diri anak-anak. Mereka harus dibekali kecakapan hidup untuk menghadapi masa depan.
Tiga kecakapan utama yang harus dibangun pada anak didik untuk menyiapkannya menjadi generasi emas masa depan.

Pertama, KARAKTER
Karakter utama yang harus dibangun pada anak didik yaitu karakter moral dan karakter kinerja.
Karakter moral seperti sikap religius (beriman dan bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala), jujur, rendah hati dan akhlak-akhlak mulia lainnya.
Adapun karakter kinerja berupa sikap kerja keras, ulet, rajin, pantang menyerah dan beragam sikap lainnya yang dibutuhkan dalam dunia kerja.
Dua karakter utama tersebut mendorong anak menjadi manusia yang siap bekerja untuk dunia dan akhiratnya. Selain bertakwa, mereka juga bermanfaat bagi manusia banyak.
Memiliki karakter moral dan karakter kinerja sejalan dengan perintah Allah dalam ayat dan hadits berikut.
“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qashash: 77)
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad, ath-Thabrani)

Kedua, KOMPETENSI
Mendidik anak agar memiliki kompetensi. Diantara kompetensi yang penting mereka punyai, yaitu kritis, kreatif, komunikatif (kemampuan komunikasi) dan kolaboratif (kemampuan bekerja sama).

Ketiga, LITERASI
Aktivitas literasi diantaranya:
1.    Literasi baca tulis: kemampuan memahami teks, audio, video, dan gambar, juga menuangkan ide dalam tulisan.
2.    Literasi numerasi: kemampuan menginterpretasikan simbol dan angka serta informasi dalam bentuk grafik, tabel bagan dan diagram.
3.    Literasi sains: pemahaman terhadap fenomena alam di sekitas dengan menggunakan metode berpikir inkuiri.
4.    Literasi financial: kemampua untuk mengelola keuangan.
5.    Literasi digital: kemampuan berkomunikasi dan menggunakan konten positif melalui dunia digital dengan bijak.
6.    Literasi budaya dan kewargaan: pemahaman dan sikap terhadap keragaman budaya Indonesi, juga pemahaman dan penerapan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat.
Menyiapkan generasi emas dilakukan di ruang-ruang keluarga (tanggung jawab orang tua) dan ruang-ruang kelas (tanggung jawab guru).

Penulis: Heldiana, S.Pd.
(Referensi: Al-Qur’an, Materi Paparan Umum Literasi BIMTEK K13-SMA TAHUN 2018, dan ceramah pendidikan Gubernur DKI Jakarta 2018)