AD (728x90)

20 Maret 2018

Harmoni Nilai-Nilai Al-Qur’an dengan PPK K13

Berkarakter dan Berprestasi
Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menjadikan pendidikan karakter sebagai platform pendidikan nasional untuk membekali peserta didik sebagai generasi emas tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan (Pasal 2). Perpres ini menjadi landasan awal untuk kembali meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah Program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). 

Lima nilai karakter yang dikedepankan PPK dalam program pendidikan sekolah yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas.

Menilik jauh muatan karakter yang termuat dalam PPK kurikulum 2013, terdapat harmoni antara PPK dengan nilai-nilai Qur’an. PPK yang dihadirkan di tengah tengah pembinaan karakter anak bangsa, khususnya di dunia pendidikan, sangat selaras dengan muatan Al-Qur'an Al-Karim. 

Berikut beberapa ayat dari Qur’an yang seharmoni dengan muatan nilai karakter PPK.
Pertama, penguatan karakter religiositas. Al-Qur’an secara keseluruhan mengajak manusia untuk beriman dan mengesakan Allah. Diantaranya, 
“Wahai orang yang beriman; berimanlah kamu kepada Allah, Rasul-Nya (Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam), kitab yang diturunkan kepada Rasul-Nya dan kitab yang telah diturunkan sebelumnya. Barangsiapa kafir (tidak beriman) kepada Allah, malaikat-Nya. kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan Hari Akhirat, maka sesungguhnya orang itu sangat jauh tersesat. QS. An-Nisaa' (4): 136

Kedua, karakter nasionalisme.  
Secara tersirat, beberapa wujud karakter nasionalisme terperintahkan dalam sejumlah ayat Qur’an. Allah Subhanahu wa Ta'ala perintahkan orang beriman untuk menaati pemerintah demi kemaslahatan umat, agama, serta keutuhan bernegara. “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(-Nya) serta ulil amri di antara kamu.” (QS. An-Nisa: 59)Perintah melalukan perbaikan dan tidak merusak lingkungan di negeri tempat kita berada, juga telah Allah sebutkan dalam Qur’an. “…dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak Menyukai orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qashash: 77)
Ketiga, karakter mandiri. Sangat indah cara Allah memotivasi hamba-hambaNya tuk miliki karakter satu ini. Mandiri tuk meraih kebaikan akhirat dan dunia.  Dalam surah Al-Qashash ayat 77, Allah berfirman “Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah Dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu,..” dan di ayat lain Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan (bekerja).” (QS. Naba’ : 11)

Keempat, karakter gotong-royong. Salah satu ayat yang berisi perintah bekerja sama dalam kebaikan adalah “Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa dan janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.“. (QS. Al-Ma’idah : 2)

Kelima, karakter integritas. Perintah Allah  untuk jujur, tidak melalaikan serta tidak menyalahgunakan amanah sangat jelas dan rinci. Dalam surah An-Nisa ayat 58, Allah berfirman, "Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat atau amanah kepada yang berhak menerimanya...." dan di Surah Al-Anfal ayat 72, "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul, dan (juga) janganlah juga kamu mengkhianati amanat atau amanah yang telah dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui".

Al-Qur’an Al-Karim tidak melewatkan satu pun pengarahan hidup yang dibutuhkan manusia tuk menjalani hidupnya di dunia. Mensinergikan minimal satu ayat Qur’an dengan materi ajar dalam proses pmbelajaran bisa membantu penguatan pendidikan karakter. 

Tulisan ini merupakan sinkronisasi nilai Al-Qur’an dengan materi yang diperoleh sewaktu mengikuti Bimtek Penyegaran Kuruikulum 2013 SMA tahun 2018 di LPMP Makassar, tanggal 11-13 Maret 2018.

Oleh Heldiana, S.Pd.

© 2019 Website SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah. All rights resevered. Designed by Templateism