SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar : adalah Sekolah Menengah Atas, bernaung di bawah Dinas Pendidikan Nasional yang memadukan sistem kurikulum nasional dan kurikulum lokal berbasis agama Islam berdasarkan Al-Qur'an dan Hadist dengan pemahaman salaf serta memiliki keunggulan dengan memisahkan lokasi belajar untuk putra dan putri. Dengan meraih predikat akreditasi "A" dari Badan Akreditasi Sekolah dan Madrasah pada tahun 2016 akan terus berinovasi dalam membina dan mendidik siswa-siswi agar menjadi generasi muda yang berahklak mulia dan berprestasi

Sekolah Putra : Jl. Manggala Raya, kompleks Bambu-bambu, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234
Sekolah Putri : Jl. Antang Raya No.48, Antang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234
PENGUMUMAN KELULUSAN 2019 SMAIT WAHDAH ISLAMIYAH

18 Januari 2018

Pelita Giatkan Literasi Sekolah


Kegiatan membaca adalah kegiatan yang kurang diminati oleh kebanyakan orang Indonesia. Padahal membaca adalah kegiatan yang sangat penting terlebih di era digital seperti sekarang ini. Untuk itu, pemerintah mencanangkan program literasi selama 15 menit di pagi hari di seluruh sekolah lewat Gerakan Literasi Sekolah (GLS). SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar pun ambil bagian dalam program ini. Untuk memaksimalkan program ini dibentuklah komunitas Pegiat Literasi (Pelita).

Setiap pagi, mulai pukul 7.20—7.30 WITA seluruh siswa diwajibkan membaca buku nonteks yang mereka minati. Program ini telah berjalan sejak semester ganjil tahun 2017. Sebagai tindak lanjut  dan untuk memperkuat pemahaman siswa tentang isi buku yang dibaca, siswa secara bergantian meresensi buku yang dibaca di kelas mereka masing-masing. Karya siswa juga dibukukan dalam antologi resensi buku. 

Selain membaca dan menulis, siswa juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang menunjang kemampuan berliterasi, seperti dialog minat baca dan pelatihan menulis. Kedepannya insyaallah siswa akan dibekali berbagai keterampilan kebahasaan lainnya. 

Untuk lebih meningkatkan minat baca siswa dan menyemarakkan kegiatan ini, diadakan  pemilihan pengunjung terbaik perpustakaan dan peliterasi terbaik di akhir semester. Semester ini, yang beruntung didaulat sebagai peliterasi dan pengunjung terbaik tersebut Sultan Asiz Parenreng, siswa kelas X IPA 1 dan Muh. Fathurrahman, siswa kelas XI IPA 1. Sertifikat dan hadiah diserahkan langsung oleh Ustaz Ruslan, S.Pd., Pembina Pelita. “Minat baca orang Indonesia umumnya sangat rendah. Sebuah laporan malah menuliskan bahwa Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara dalam hal minat baca. Kegiatan ini untuk membentuk budaya baca siswa.” pungkas guru Bahasa Indonesia ini yang juga merupakan Kepala Perpustakaan SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar
  
Reporter:
Rezky Akbar Fajrin
Sekretaris Pelita SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar Kampus Putra
Kelas X IPA 1